Resmi, Lightyear menurut Lembaga Sensor Film Indonesia!

Duniamangaku – Disney Pixar sedang bersiap untuk merilis film terbarunya, Lightyear. Sebuah film kecil yang menceritakan kisah Buzz Lightyear dan kisahnya sebagai penjaga ruang angkasa. Film tersebut rencananya akan dirilis pada 15 Juni mendatang, namun kabar terbaru muncul belakangan seiring dengan adanya spekulasi bahwa film tersebut tidak akan dirilis.

Film Lightyear sendiri penuh kontroversi karena ada adegan yang menunjukkan cinta sesama jenis. Karena alasan ini, film tersebut dilarang tayang di banyak negara.

Kasus film Lightyear di Indonesia

Di Indonesia, film ini masih dalam tahap review. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Lembaga Sensor Film Indonesia (LSF), Romi Vibri, dalam wawancara eksklusif dengan Greenscene.co.id.

“Jadi, pemilik film pernah meminta agar Lightyear ini direview, bukan ditonton tapi direview. Mengapa mengulas? Karena semuanya tidak lengkap (tidak ada subtitle dll) Romy Webery kemudian mengungkapkan bahwa LSF memberikan beberapa catatan kepada pemilik film Beberapa di antaranya adalah adegan LGBT, jadi LSF sendiri akan menaikkan rating usia penonton menjadi 13 tahun ke atas.

“Dari review ini LSF menonton dan kemudian menghadirkan jaringan. Kalaupun lolos (sensor) nanti (usia minimal penonton) adalah 13 tahun. Karena ada satu rekor, ada adegan yang harus diperhitungkan (LGBT). Karena penonton di Indonesia masih sensitif dengan adegan-adegan seperti itu.” Romy juga mengklarifikasi bahwa hingga hari ini film Lightyear belum masuk tahap sensor, karena pemilik film belum mengajukan permohonan sensor. Sejauh ini bisa dikatakan demikian. bola untuk rilis Lightyear masih di tangan pemilik film, alias Disney.

Terkait jadwal rilis film tersebut, Romi Vibri mengatakan bahwa Lembaga Sensor Film Indonesia tidak pernah melakukan intervensi karena di luar kewenangan dan tanggung jawabnya. Namun, Rumi juga mengklarifikasi bahwa proses penyensoran tidak akan memakan waktu lama, dan biasanya hanya berlangsung satu hari.

Baca juga  Penampilan pertama Chris Hemsworth di Spiderhead

Sementara itu, meski keputusan untuk menayangkan Lightyear di Indonesia masih belum jelas, namun dari pernyataan LSF sendiri, dapat disimpulkan bahwa film tersebut berpeluang untuk diputar, asalkan memenuhi beberapa “catatan” yang dibuat. Kita tunggu saja ya, untuk kabar selanjutnya dari film ini.