Akankah Boruto menghidupkan kembali Rinnegan?

Duniamangaku.com – Setelah dicangkokkan oleh Momoshiki Otsutsuki dengan Karma di awal seri Boruto: Naruto Next Generations, akhirnya Boruto Uzumaki resmi menjadi Otsutsuki murni. Hal ini terjadi setelah proses Otsutsukification di tubuh Boruto terganggu, membuat Momoshiki akhirnya tidak bisa mengolah data-datanya dan kemudian mengekstraknya ke dalam tubuh Boruto agar bisa berinkarnasi.

Seperti yang sudah kalian ketahui, setelah Momoshiki Otsutsuki menanamkan segel karma, Boruto perlahan mulai bereksperimen dengan proses Otsutsukifikasi.

Prosesnya, seperti yang dijelaskan oleh Amado, adalah saat segel Karma mulai mengekstraksi data Otsutsuki ke dalam tubuh atau wadah. Dalam hal ini, proses Otsutsukifikasi di tubuh Boruto adalah data yang berasal dari Momoshiki.

Proses Otsutsukification di tubuh Boruto sendiri sangat cepat. Dari pertama kali Boruto ditanamkan segel Karma, hingga proses dihentikan, proses Otsutsukifikasi di tubuh Boruto mencapai 82%. Mengapa proses Otsutsukification berhenti di tubuh Boruto? Seperti yang dijelaskan di Chapter 65 kemarin, Kawaki-lah yang membunuh Boruto.

Kawaki membunuh Boruto untuk mencegah Momoshiki bangkit dan mengambil alih tubuh Boruto, namun di Chapter 67 kemarin muncul fakta menarik. Boruto tampak hidup.

Momoshiki juga menjelaskan bahwa proses Otsutsukification berhenti di 82% karena sisa prosesnya digunakan untuk menghidupkan kembali Boruto. Dengan angka tersebut, Momoshiki mengatakan bahwa Boruto sekarang menganggap Otsutsuki murni.

Di sisi lain, karena Boruto sudah menganggap Otsutsuki murni, itu berarti dia rela berkorban kepada Jyuubi untuk memanen buah chakra.

Karena Boruto sudah menjadi Otsutsuki murni, ini berarti dia dapat menggunakan semua kekuatan yang dimiliki Otsutsuki, yang dalam hal ini adalah Momoshiki.

Hal ini juga ditunjukkan oleh Kawaki yang mampu menggunakan semua kemampuan Karma Isshiki, setelah Amado diam-diam mengaktifkan kembali kekuatan Karma dan mengubahnya menjadi senjata.

Dengan asumsi Boruto bisa menggunakan semua kemampuan Momoshiki, seperti halnya Kawaki, apakah itu berarti Boruto akan membangunkan Doujutsu Rinnegan?

Rinnegan adalah salah satu Doujutsu yang dimiliki oleh klan Otsutsuki, begitu juga dengan Byakugan atau Sharingan. Tidak semua Otsutsuki memiliki kemampuan Rinnegan, namun Momoshiki dikenal sebagai Otsutsuki yang memiliki dojutsu. Yang menarik adalah bahwa dojutsu Rinnegan bukan di matanya, tapi di telapak tangannya. Warnanya merah.

Baca juga  One Piece 1048 Spoiler Bocor Gear Mode 5 Efek Samping Luffy Topi Jerami Sangat Panas dan Berasap

Jika Boruto memang mewarisi kemampuan Momoshiki, kemungkinan besar Boruto akan membangkitkan kemampuannya dalam dojutsu meski tidak sempurna. Seperti disebutkan di atas, proses Boruto Autotsutsukification berhenti di 82%.

Artinya, proses perubahan itu sendiri masih belum sempurna. Mungkin saja Boruto akan mewarisi atau menghidupkan kembali Rinnegan Momoshiki, meskipun dia tidak akan bisa menggunakan semua kekuatannya.

Ada dua kemungkinan yang terjadi saat Boruto berhasil membangunkan Rinnegan. Pertama, Rinnegan akan disimpan di mata kiri.

Oleh karena itu, Boruto umumnya akan memiliki dua epos Doujutsu yaitu Jougan di mata kanan dan Rinnegan di mata kiri. Jika Rinnegan tidak ada di bola mata, dia mungkin akan mengikuti kekuatan Momoshiki, karena Rinnegan ada di telapak tangan.

Meski terkesan mengejutkan, apa yang ditunjukkan Kawaki di chapter sebelumnya membuka peluang atau peluang hal ini terjadi. Beberapa penggemar sendiri percaya bahwa Boruto mungkin tidak membangunkan Rinnegan di mata kirinya, melainkan Byakugan. Ini juga masuk akal, mengingat Boruto memiliki chakra Hyuga.

Namun, diyakini bahwa karma Momoshiki lebih dominan di Boruto saat ini, dibandingkan dengan chakra Hyuga.

Dan melihat bagaimana Kawaki bisa menggunakan semua kemampuan Isshiki, meskipun Isshiki sudah mati sebelumnya, berarti peluang Boruto untuk membangunkan Rinnegan terlalu terbuka. Bahkan, bisa dibilang Boruto tidak hanya bisa menggunakan kekuatan Rinnegan milik Momoshiki.

Boruto mungkin juga bisa menggunakan kekuatan Kinshiki Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, sebelum kematian Momoshiki, Kinshiki menyerahkan nyawanya untuk dikonsumsi oleh Momoshiki guna meningkatkan kekuatannya. Faktanya, kombinasi Momoshiki dan Kinshiki membuat Boruto, Naruto, dan Sasuke kesulitan dalam pertarungan mereka.

Kemudian, pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana tanduk Boruto lebih mirip Kinshiki daripada Momoshiki.

Ini memberikan petunjuk lain bahwa selain bisa menggunakan kekuatan Momoshiki – Rinnegan – Boruto mungkin juga bisa menggunakan kekuatan Kinshiki. Mari kita lihat, apakah Boruto akan membangunkan Rinnegannya.

 

Boruto: Himawari menjadi wadah Momoshiki berikutnya?!

Fakta baru telah terungkap di bab terakhir dari seri manga Boruto: Naruto Next Generations. Seperti yang kita ketahui, Boruto ditanamkan dengan segel Karma oleh Momoshiki Otsutsuki saat ia muncul dan mengancam keberadaan Bumi. Kemudian Momoshiki muncul selama Ujian Chunin. Kemudian Naruto, Sasuke, dan Boruto mencoba mengalahkan Momoshiki.

Baca juga  Boruto: Siapa ciptaan Amado yang terkuat?

Pada akhirnya, Boruto mengalahkan Momoshiki. Namun, sebelum Momoshiki benar-benar meninggal, ia sempat menanamkan segel karmanya pada Boruto.

Karma adalah kemampuan klan Otsutsuki untuk mentransfer data kehidupan mereka ke dalam tubuh orang lain, yang kemudian menjadi wadah untuk tubuh mereka sendiri.

Wadah akan berubah menjadi Otsutsuki penuh setelah melalui proses Otsutsuki. Proses Otsutsukiification di tubuh Boruto diketahui berjalan 82% yang artinya tidak butuh waktu lama bagi Boruto untuk sepenuhnya berubah menjadi 100% Otsutsuki.

Namun, di Bab 67 kemarin, fakta baru muncul. Proses Otsutsukification di Boruto terhenti di angka tersebut setelah Momoshiki menggunakan sisa 18% operasinya untuk menghidupkan kembali Boruto.

Di Chapter 66 kemarin, kita melihat bagaimana Kawaki membunuh Boruto atas permintaannya. Boruto menyadari bahwa untuk menghindari Momoshiki mengambil alih tubuhnya untuk selamanya, dia memilih untuk mengakhiri hidupnya. Kawaki setuju dan Boruto akhirnya mati, sebelum Momoshiki menghidupkan kembali Boruto.

Berdasarkan penjelasan Momoshiki, dengan sisa 18% dari proses Otsutsukification digunakan untuk menghidupkan kembali Boruto, itu artinya dia tidak bisa melanjutkan proses tersebut. Dengan kata lain, Momoshiki tidak akan bisa lagi naik ke dalam tubuh Boruto.

Namun, ada beberapa poin penting yang muncul dalam percakapan Boruto dan Momoshiki. Pertama, meski proses Otsutsuki tidak mencapai 100%, Boruto tetaplah karakter Otsutsuki yang sempurna.

Kedua, Momoshiki mengatakan bahwa momen yang jauh lebih menakutkan dari kematian Boruto akan segera datang. Seperti yang pernah Momoshiki katakan kepada Boruto, mata birunya akan membawa bencana besar di masa depan. Namun, kita masih belum tahu bencana besar apa yang akan terjadi.

Meski Momoshiki dipastikan tidak akan bisa bereinkarnasi ke dalam tubuh Boruto, banyak penggemar yang percaya Momoshiki mungkin tidak akan menyerah begitu saja.

Dia akan menemukan cara lain untuk kembali lagi. bagaimana? Dengan menanam kembali segel anggurnya. Jadi, siapa yang mungkin menjadi kapal Momoshiki berikutnya?

Baca juga  One Piece 1044 Terungkap: Shanks ternyata punya petunjuk, Luffy akan jadi bajak laut era baru

Jumlah yang dianggap paling mungkin adalah Himawari Uzumaki. Himawari adalah anak kedua dari Naruto Uzumaki dan Hinata Hyuga.

Adik Boruto ini mirip dengan adiknya, yang mewarisi chakra dari Asura Otsutsuki dan juga Hamura Otsutsuki. Namun, chakra Hamura mungkin yang paling dominan karena Himawari mewarisi mata Byakugan dari Hinata.

Ini mungkin pertanda bahwa Himawari bisa menjadi kapal Otsutsuki yang bagus. Seperti diketahui, hingga saat ini belum ada informasi resmi dan pasti tentang syarat apa saja yang harus dimiliki seseorang untuk ditanamkan meterai karma. Alasan mengapa hanya Code dan Kawaki yang bisa mewarisi Karma Isshiki masih menjadi misteri.

Namun, asumsinya adalah mungkin hanya mereka yang mewarisi chakra Otsutsuki yang dapat mengolah karma. Lalu bagaimana Code dan Kawaki bisa ditanamkan karma? Kami masih belum tahu asal-usul mereka. Namun, dalam cerita kita melihat bagaimana Kawaki dan Code berubah menjadi cyborg.

Mungkin tujuan Amado melakukannya adalah untuk menanamkan chakra otsutsuki ke dalam tubuh mereka, sehingga proses kultivasi karma berjalan lancar.

Himawari sendiri adalah “refleksi” dari kakak laki-lakinya, yang berarti Himawari dapat dianggap sebagai wadah sempurna berikutnya untuk Momoshiki. Bagaimanapun, ini mungkin juga ada hubungannya dengan ramalan Momoshiki.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Momoshiki mengatakan bahwa “mata biru” akan membawa bencana besar. Momoshiki mungkin telah melihat penderitaan yang Boruto – atau bahkan dunia – akan derita karena Himawari. Atau mungkin semua kekacauan yang akan terjadi di masa depan karena ulah Himawari.

Terlepas dari semua itu, yang pasti keterlibatan Himawari dalam bencana yang diakibatkan oleh kakaknya dan juga Boruto bisa memberikan panggung bagi Himawari yang jarang terkuak. Namun, untuk saat ini, penggemar hanya bisa berspekulasi tentangnya.

Menarik tentunya jika teori ini benar adanya, yang berarti Masashi Kishimoto akan menghadirkan perkembangan terbesar dalam serial tersebut. Kita tunggu saja ya, untuk kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya!